source : pinterest Pencapaian tujuan etika bisnis di Indonesia masih menghadapi beberapa masalah dan kendala. Keraf(1993:81-83) menyebut beberapa kendala tersebut yaitu: 1. Standar moral para pelaku bisnis pada umumnya masih lemah. Banyak di antara pelaku bisnis yang lebih suka melewati jalan pintas, bahkan menghalalkan segala cara untuk memperoleh keuntungan dengan pendekatan etika bisnis, seperti memalsukan campuran, timbangan, ukuran, menjual barang yang kadaluwarsa, dan memanipulasi laporan keuangan. 2. Banyak perusahaan yang mengalami konflik kepentingan. Konflik kepentingan ini muncul karena adanya ketidaksesuaian antara nilai-nilai pribadi yang dianutnya atau antara peraturan yang berlaku dengan tujuan yang ingin dicapainya, atau konflik antara nilai-nilai pribadi yang dianutnya dengan praktik yang dilakukan oleh sebagian besar perusahaan lainnya, atau antara kepentingan perusahaan dengan kepentingan masyarakat. Orang-orang yang kurang teguh standar moralnya bisa gagal kare...
Komentar
Posting Komentar