PENERAPAN ETIKA BISNIS
Etika bisnis adalah suatu sikap (pelaku bisnis, perusahaan) dalam menjalankan bisnisnya baik itu yang buruk ataupun yang baik dengan ruang lingkup masyarakat, konsumen, dan lingkungan bisnis (Sonny Keraf : 1998)
source : pinterest |
Mengapa Etika bisnis sangat penting dalam sebuah perusahaan ? karna etika bsinis sendiri dapat membentuk tanggung jawab, dan juga membentuk suatu perusahaan menjadi lebih baik, kokoh, dan pastinya juga akan memilik daya saing yang tinggi. Etika Bisnis juga berguna untuk para pelaku bisnis agar perushaan tersebut dapat mempunyai citra yang baik. Maka dari itu Etika Bisnis menjadi standard bagi seluruh para pelaku bisnis.
Sonny Keraf (1998) menjelaskan bahwa prinsip etika bisnis adalah sebagai berikut :
- Prinsip Otonomi ; yaitu sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan danbertindak berdasarkan kesadarannya tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.
- Prinsip Kejujuran ; terdapat tiga kegiatan bisnis yang bisa ditampilkan secarajelas bahwa bisnis tidak akan bertahan lama dan berhasil kalau tidak didasarkan ataskejujuran. Pertama, jujur dalam memenuhi syarat-syarat perjanjian dan kontrak. Kedua, kejujuran dalam penawaran barang atau jasa dengan mutu dan harga yang sebanding. Ketiga,jujur dalam hubungan kerja intern dalam suatu perusahaan.
- Prinsip Keadilan ; menuntut agar setiap orang diperlakukan sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai kriteria yang objektif, serta dapat diperjelas.
- Prinsip Saling Menguntungkan ; menuntut agar sedemikian rupa sehingga menguntungkan semua pihak.
- Prinsip Integritas Moral ; terutama dihayati sebagai tuntutan internal dalam diri pelaku bisnis atau perusahaan, agar perlu menjalankan bisnis dengan menjaga nama baikpimpinan atau orang-orangnya maupun perusahaannya.
Selain itu biasanya Perusahaan yang memiliki peringkat atas kepuasan bekerja adalah perusahaan yang menjunjung tinggi etika dalam perusahaan tersebut, dan juga biasanya perusahaan tersebut memiliki karyawan - karyawan yang lebih berkualitas
DAMPAK POSITIF ETIKA BISNIS
- Memiliki citra yang baik di mata konsumen
Memiliki Citra perusahaan yang baik adalah suatu prestasi untuk perusahaan, maka dari itu tanggapan positif dari konsumen dapat meningkatkan promosi produk di suatu perusahaan.
- Perusahaan menjadi terpecaya di mata konsumen
- Membuat karyawan termotivasi
- Mendapatkan keuntungan
- Menjunjung kepentingan bersama
DAMPAK NEGATIF
Setelah membahas tentang dampak positif di terapkannya Etika Bisnis, maka ada juga Dampak Negatif jika Etika Bisnis tidak di terapkan di sebuah perusahaan. Jika para pelaku bisnis tidak menerapkan Etika Bsinis maka hal yang akan terjadi adalah perusahaan akan mengalami kerugian atau bangkut, dan akan berakibat juga pada reputasi serta kepercayaan konsumen terhdapa perusahaan tersebut.
Referensi :
Harmony, 2021, Manfaat Etika Bisnis Bagi Perusahaan Yang Menerapkannya (harmony.co.id)
Keraf, A. Sony, 1998, Etika Bisnis Tuntunan dan Relevansinya, Yogyakarta, Kanisius.
Mazidah, Zeni, 2019, Mengapa Kita Perlu Beretika dalam Berbisnis Halaman 3 - Kompasiana.com
Mekari, 2017, 5 Manfaat Etika Bisnis Untuk Perusahaan - Jurnal
Setiadi, Fachri, 2013, 31198-ID-analisis-penerapan-etika-pada-bisnis-jasa-akomodasi-sebagai-suatu-strategi-mempe.pdf (neliti.com)
Sk, Anang, 2015, Dampak negatif perilaku bisnis tak berEtika | DAMAILAH DI BUMI (wordpress.com)
Warni, Sri, 2015, Manfaat Penerapan Etika Bisnis Dalam Perusahaan (zahiraccounting.com)
Diakses pada tanggal 21 Oktober 2021
Komentar
Posting Komentar