Langsung ke konten utama

Pentingnya mempelajari Etika Bisnis di Dunia Bisnis

PENERAPAN ETIKA BISNIS 

Etika bisnis adalah suatu sikap (pelaku bisnis, perusahaan) dalam menjalankan bisnisnya baik itu yang buruk ataupun yang baik dengan ruang lingkup masyarakat, konsumen, dan lingkungan bisnis (Sonny Keraf : 1998) 

source : pinterest

Mengapa Etika bisnis sangat penting dalam sebuah perusahaan ? karna etika bsinis sendiri dapat membentuk tanggung jawab, dan juga membentuk suatu perusahaan menjadi lebih baik, kokoh, dan pastinya juga akan memilik daya saing yang tinggi.  Etika Bisnis juga berguna untuk para pelaku bisnis agar perushaan tersebut dapat mempunyai citra yang baik. Maka dari itu Etika Bisnis menjadi standard bagi seluruh para pelaku bisnis. 

Sonny Keraf (1998) menjelaskan bahwa prinsip etika bisnis adalah sebagai berikut :

  1. Prinsip Otonomi ; yaitu sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan danbertindak berdasarkan kesadarannya tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.
  2. Prinsip Kejujuran ; terdapat tiga kegiatan bisnis yang bisa ditampilkan secarajelas bahwa bisnis tidak akan bertahan lama dan berhasil kalau tidak didasarkan ataskejujuran. Pertama, jujur ​​dalam memenuhi syarat-syarat perjanjian dan kontrak. Kedua, kejujuran dalam penawaran barang atau jasa dengan mutu dan harga yang sebanding. Ketiga,jujur ​​dalam hubungan kerja intern dalam suatu perusahaan.
  3. Prinsip Keadilan ; menuntut agar setiap orang diperlakukan sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai kriteria yang objektif, serta dapat diperjelas.
  4. Prinsip Saling Menguntungkan ; menuntut agar sedemikian rupa sehingga menguntungkan semua pihak.
  5. Prinsip Integritas Moral ; terutama dihayati sebagai tuntutan internal dalam diri pelaku bisnis atau perusahaan, agar perlu menjalankan bisnis dengan menjaga nama baikpimpinan atau orang-orangnya maupun perusahaannya.

Selain itu biasanya Perusahaan yang memiliki peringkat atas kepuasan bekerja adalah perusahaan yang menjunjung tinggi etika dalam perusahaan tersebut, dan juga biasanya perusahaan tersebut memiliki karyawan - karyawan yang lebih berkualitas

DAMPAK POSITIF ETIKA BISNIS 

Etika Bisnis sangat berperan penting di suatu perushaan, Oleh karna itu berikut dampak Positif di terapkannya Etika Bisnis : 

  • Memiliki citra yang baik di mata konsumen 

Memiliki Citra perusahaan yang baik adalah suatu prestasi untuk perusahaan, maka dari itu tanggapan positif dari konsumen dapat meningkatkan promosi produk di suatu perusahaan. 

  • Perusahaan menjadi terpecaya di mata konsumen 
Terciptanya perilaku yang menjunjung tinggi Etika Bisnis oleh seluruh karyawan atau pelaku bisnis di perusahaan tersebut tentu menjadi keunggulan yang sangat baik untuk perusahaan tersebut. Dan dari situlah perusahaan dapat menciptakan konsumen yang loyal. 
  • Membuat karyawan termotivasi 
Karyawan yang selalu menjunjung tinggi etika bisnis akan sangat berpengaruh, karna dapat memiliki motivasi kerja yang tinggi. 
  • Mendapatkan keuntungan 
Dengan memiliki kepercayaan dari konsumen yang loyal, akan berpengaruh pada citra perusahaan, maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan. 
  • Menjunjung kepentingan bersama 
Etika Bisnis dapat membangun kepentingan bersama dibandingkan kepentingan induvidu. Agar perusahaan terus berjalan dengan adanya kepentingan bersama. 

DAMPAK NEGATIF 

Setelah membahas tentang dampak positif di terapkannya Etika Bisnis, maka ada juga Dampak Negatif jika Etika Bisnis tidak di terapkan di sebuah perusahaan. Jika para pelaku bisnis tidak menerapkan Etika Bsinis maka hal yang akan terjadi adalah perusahaan akan mengalami kerugian atau bangkut, dan akan berakibat juga pada reputasi serta kepercayaan konsumen terhdapa perusahaan tersebut.  


Referensi : 

Harmony, 2021, Manfaat Etika Bisnis Bagi Perusahaan Yang Menerapkannya (harmony.co.id)

Keraf, A. Sony, 1998, Etika Bisnis Tuntunan dan Relevansinya, Yogyakarta, Kanisius.

Mazidah, Zeni, 2019, Mengapa Kita Perlu Beretika dalam Berbisnis Halaman 3 - Kompasiana.com

Mekari, 2017, 5 Manfaat Etika Bisnis Untuk Perusahaan - Jurnal

Setiadi, Fachri, 2013, 31198-ID-analisis-penerapan-etika-pada-bisnis-jasa-akomodasi-sebagai-suatu-strategi-mempe.pdf (neliti.com)

Sk, Anang, 2015, Dampak negatif perilaku bisnis tak berEtika | DAMAILAH DI BUMI (wordpress.com)

Warni, Sri, 2015, Manfaat Penerapan Etika Bisnis Dalam Perusahaan (zahiraccounting.com)

Diakses pada tanggal 21 Oktober 2021 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh kasus pelanggaran kode etik di bidang Pariwisata

Kode Etik Pariwisata Dunia atau yang dikenal dengan Global Code of Ethics for Tourism (GCET) telah diatur oleh World Tourism Organization (WTO) sejak tahun 1999. GCET merupakan prinsip dasar yang dipakai sebagai acuan untuk pengembangan pariwisata yang mencakup komponen ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan yang berhubungan dengan perjalanan dan pariwisata. Contoh pelanggaran kasus kode etik dibidang pariwisata :  Kasus Pelanggaran PT. Garuda Indonesia 2018 Source : Pinterest  Contoh kasus pelanggaran etika bisnis yang terakhir datang dari pelanggaran yang dilakukan oleh bidang transportasi paling terkenal di negara ini, yaitu PT. Garuda Indonesia. Kasus ini berawal ketika ditemukannya status plat merah dari saham perusahaan ini yang ada di dasar Bursa Efek Indonesia. Hal ini membuat para pemegang saham menjadi sangat marah sebab kasus tersebut masuk ke dalam kasus penipuan yang sangat fatal. Memiliki status plat merah memiliki arti bahwa saham yang dimiliki oleh perusahaan kualitasn

Kendala - Kendala dalam menerapkan Etika Bisnis

source : pinterest  Pencapaian tujuan etika bisnis di Indonesia masih menghadapi beberapa masalah dan kendala. Keraf(1993:81-83) menyebut beberapa kendala tersebut yaitu: 1. Standar moral para pelaku bisnis pada umumnya masih lemah. Banyak di antara pelaku bisnis yang lebih suka melewati jalan pintas, bahkan menghalalkan segala cara untuk memperoleh keuntungan dengan pendekatan etika bisnis, seperti memalsukan campuran, timbangan, ukuran, menjual barang yang kadaluwarsa, dan memanipulasi laporan keuangan. 2. Banyak perusahaan yang mengalami konflik kepentingan. Konflik kepentingan ini muncul karena adanya ketidaksesuaian antara nilai-nilai pribadi yang dianutnya atau antara peraturan yang berlaku dengan tujuan yang ingin dicapainya, atau konflik antara nilai-nilai pribadi yang dianutnya dengan praktik yang dilakukan oleh sebagian besar perusahaan lainnya, atau antara kepentingan perusahaan dengan kepentingan masyarakat. Orang-orang yang kurang teguh standar moralnya bisa gagal karena m